Nama dan Jenis Peralatan Alat Panah Lengkap Dengan Fungsinya

Peralatan Panah dan Fungsinya – Dalam olahraga memanah, terdapat berbagai peralatan dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kali ini anda akan di jelaskan mengenai beberapa jenis peralatan memanah yang wajib dan beserta fungsinya. Selain itu, peralatan wajib ini bisa anda lengkapi dengan perlengkapan memanah lain untuk menunjang aktifitas dalam melalukan aktifitas olahraga memanah.

Sebelum masuk ke jenis peralatan panah dan fungsinya, anda harus tahu lebih dulu level diri anda pada saat memanah. Termasuk level diri itu adalah apakah saya masih pemula atau professional? Apakah mampu menarik busur dengan lbs rendah atau besar? Dua pertanyaan dasar ini, menjadi bahan pertimbahan bagi anda untuk memilih peralatan panah yang nyaman dalam pengunaan dan bisa memberikan sensasi sesuai yang di harapkan.

Berikut rincian nama peralatan panahan dan fungsinya yang wajib anda miliki:

  • BUSUR/BOW

Busur Bow Peralatan Panahan
Peralatan Panah dan Fungsinya

Komponen wajib yang dimiliki pertama kali adalah busur. Peralatan untuk melesatkan anak panah ini memiliki berbagai macam tipe mulai dari recurve bow, horse bow, long bow, compound bow dan beberapa jenis lainnya. Kali ini anda akan di jelaskan dua jenis busur yaitu recurve bow dan horse bow.

  • RECURVE BOW

RECURVE BOW nama alat panahan
Peralatan Panah dan Fungsinya

Busur recurve bow merupakan jenis busur yang bisa dibongkar pasang. Busur berjenis recurve bow sering digunakan dalam kompetisi nasional dan internasional. Di Indonesia busur recurve bow mengalami penyempitan makna. Ketika menyebut standar bow maka yang dikenal adalah busur yang riser (pegangan busur) berbahan kayu dengan limbs memanjang serta melengkung  ke depan menjauh posisi pemanah. Ada juga istilah recurve bow, namun dalam tafsirannya adalah busur yang berbahan metal atau carbon. Padahal kedua makna tersebut hanya muncul di Indonesia dan menjadi cabang olahraga kompetisi dibedakan menjadi standar bow dan recurve bow. Sebenarnya jika melihat kompetisi internasional ketika masuk kategori recurve bow maka yang dimaksud adalah jenis busur yang berbahan kayu, metal dan carbon sebagai risernya. Berarti recurve bow dan standar bow di level internasional semuanya sama.

Selain itu recurve bow merupakan busur yang paling banyak memakai aksesoris di busurnya, diantara aksesoris yng dipakai adalah:

  1. Arrow rest: tempat meletakan anak panah
  2. Sigh: pengeker layaknya sniper
  3. Stabilizer: menyeimbangkan busur ketika di pegang
  4. Clicker: untuk mengukur panjang tarikan agar konsisten

Di Indonesia jenis busur recurve ini diketahui karena bongkar pasangnya. Maka ada beberapa penjual panah yang bahan busurnya dari PVC lalu menyebut busurnya masuk dalam jenis recurve bow. Tidak, salah menyebut busur tersebut sebagai recurve bow walau riser nya juga terbuat dari pvc. Perlu di pertegas saja jika masuk dalam busur recurve bow risernya kayu, metal atau carbon.

Untuk anda yang memilih untuk menggunakan busur recurve bow maka pastikan beberapa hal ini:

  1. Panjang busur

Busur recurve bow rata-rata memiliki panjang diatas 140 cm, maka dengan mengetahui panjang busur anda bisa mengira dengan tinggi sendiri cocoknya memakai busur yang panjang berapa cm.

  1. Kekuatan draw weight

Merupakan nilai kekuatan tarikan yang pemanah rasakan ketika menarik string. Satuan umum yang di gunakan adalah LBS (pound).

  • HORSE BOW

HORSE BOW jenis busur panah modern
Peralatan Panah dan Fungsinya

Jenis busur kedua yang dibawah adalah busur berkuda. Busur jenis ini pada dasarnya tidak bisa dibongkar pasang dia menyatu dari ujung siyah satu ke siyah lainnya. Rata-rata panjang busur ini dibawah 140 cm, dengan ukuran yang pendek maka memudahkannya dalam pemakaiannya ketika berkuda. Busur horse bow menggunakan fiber dan kayu sebagai bahan pembuatnya. Horse bow hampir setiap negara memiliki, hal ini sebab pada jaman perang sebelumnya digunakan sebagai senjata. Busur berkuda yang dikenal dari berbagai negara akhirnya memiliki sebutan nama negara tersebut diantaranya korean bow, hungarish bow, turkish bow, ali bow dll. Setiap negara memiliki keunikan masing-masing dalam membuat busur berkuda .

Dengan busur yang menyatu, busur horse bow di pasaran memiliki daya tarikan yang sangat berat. Untuk anda pemula jika ingin menggunakan busur horse bow tanyakan dulu kepada penjualnya. Hal ini perlu anda pastikan agar jangan sampai sesudah membeli tidak kuat menariknya. Berikutny horse bow tidak sama dengan recurve bow yang memiliki berbagai macam aksesoris untuk membantu anda dalam memanah seperti diatas.

Apakah memakai busur horse bow harus dengan berkuda? Tidak harus. Sebenarnya anda bisa pakai juga dilatihan menembak sasaran statis sebelum akhirnya memanah dengan berkuda.

  • String/Tali Busur

String Tali Busur harga busur panah modern
Peralatan Panah dan Fungsinya

Tali busur biasanya memang dapat dalam paket busur yang anda beli. Tali busur biasanya dibuat menyesuaikan dengan kekuatan busur. Ada berbagai macam tali busur yang berada dipasaran mulai dari nylon, polyurethane dll. Untuk anda yang ingin membeli tali busur saja hal ini perlu dipastikan yaitu:

  1. Panjang busur

Setiap busur memiliki panjang yang berbeda dan selalu tali busur jauh lebih pendek. Dengan penddeknya tali busur maka limbs bisa melengkung.

  1. Kekuatan draw weight

Pastikan draw weight anda sesuai dengan tali busurnya. Jika salah menentukan draw weight serta tali busurnya yang digunakan akibatnya bisa fatal mulai dari tidak melesat dengan sempurna anak panah, patahnya riser atau limbs dan luka yang mengenai anda.

  • Anak panah/arrow

anak panah nama jenis peralatan alat panah dan memanah
Peralatan Panah dan Fungsinya

Anak panah yang umum beredar di pasaran rata-rata berbahan kayu, bambu, fiber, carbon serta alumunium. Umumnya yang dipakai untuk latihan tradisional seperti busur horse bow menggunakan anak panah kayu atau bambu dengan shaft karet atau bulu. Untuk busur recurve bow bisa menggunakan semua jenis anak panah. Rata-rata panjang anak panah diantara 75-80 cm dengan diameter ada 6mm, 7mm dan 8mm.

Penentuan pemilihan anak panah biasanya ditentukan dari draw weight serta draw length (panjang tarikan antrara string dengan riser). Maka anda harus memahami betul kedua hal tersebut agar lesetan anak panah bisa mencapai titik maksimal.

Selain itu hal yang perlu anda perhatikan adalah meletakan anak panah di string terutama bagian shaft ujungnya. Pastikan shaft bisa melaju dengan sempurna sehingga tidak ada bagian tangan anda yang lecet atau luka terkena shaft. Biasanya shaft karet dan bulu memiliki dua warna yang berbeda. Maka peletakan shaft di string harus pada posisi beda warna di luar.

  • Bantalan target

Bantalan target alat memanah
Peralatan Panah dan Fungsinya

Titik sasaran untuk lesatan ini bisa berupa bantalan dengan bahan spoam eva/hati dengan ditempel spanduk sasaran dengan 10 lingkaran yang masing2 lingkaran memiliki nilai. Nilai terbesar lingkaran yang paling tengah adalah 10 dan makin keluar atau jauh dari titik sasaran nilainya menjadi 1. Bagi anda pemanah pemula jangan kecewa ketika belajar memanah anak panah yang anda lepaskan sama sekali tidak mengenai bantalan target, hal itu sangat wajar dan harus terus dilatih agar anda terbiasa dan akhirnya selalu mengenai poin no 10.

Tinggalkan komentar