pedang tertua di dunia zulfikar

17 Informasti Lengkap Nama dan Foto Pedang Tertua Di Dunia

Di era yang semakin modern ini pedang merupakan senjata yang mengalami perubahan model dan jenis yang cukup signifikan. Beragam model pedang kini dibuat untuk dijadikan sebagai alat untuk memotong hewan maupun sebagai hiasan dinding di rumah-rumah.

Pada zaman dahulu Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam menggunakan pedang sebagai salah satu alat berperang dijaman itu. Pedang yang cukup unik bentuknya dizaman Rasulullah menurut kami pedang milik sahabat Ali Bin Abi Thalib, seorang gladiator perang.

Namun tahukah anda bahwa di jaman yang sudah modern ini masih tersimpan beragam peninggalan-peninggalan zaman dahulu salah satunya pedang. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai pedang tertua di dunia yang memiliki sejarah mengagumkan.

  1. Pedang Tertua di Dunia dari Dinasti Shang atau Zhou

pedang tertuaa di dunia
Pedang Tertua Di Dunia

Jarang orang yang tahu bahwa pedang ini kini sudah berusia kurang lebih 3000 tahun. Pedang tertua di Dunia konon katanya Pedang peninggalan dari  dinasti Shang atau Zhou. Pedang ini ditemukan oleh seorang bocah kecil asal Tiongkok secara tak sengaja di dalam sungai Laozhoulin, Gaoyou, Provinsi Jiangsu.

Pedang ini memiliki panjang kira-kira 26 cm. Pedang dapat digunakan secara praktis dan dekoratif. Maksudnya pedang tertua ini dipakai sebagai sebuah simbol pejabat sipil yang menguasai suatu daerah, bukan sebagai alat perang. Penuturan tersebut dikeluarkan oleh para arkeolog setempat.

  1. Pedang Goujian sang Penguasa Yue

pedang tertua di dunia versi

Di negara Tiongkok tepatnya di museum yang terletak di provinsi Hubei terdapat sebuah pedang kuno yang sekarang berusia 1999 tahun lebih. Meskipun usia pedang ini sudah tidak muda lagi, namun ketajaman pedang ini tak perlu ditanyakan kembali. Pedang tertua ini ditemukan pada saat sedang terjadi penggalian secara besar-besaran di provinsi Hubei tahun 1965.

Salah satu pedang tertua ini memiliki panjang sekitar 55,7 cm, lebar 4,6 cm dan panjang gagang 8,4 cm. Pedang Goujian ini berbahan dasar perunggu dengan Ujung gagang berbentuk seperti lempengan berbentuk bulat yang dibagian lingkarannya terdapat 11 jalur lingkaran dengan pahatan halus.

  1. Pedang Bercabang Tujuh

foto pedang tertua di dunia
Pedang Tertua Di Dunia

Dahulu terdapat kerajaan kuno pada zaman dinasti Baekje. Pada masa sedang berjaya, dinasti sempat menguasai beberapa koloni Tiongkok dan semenanjung barat korea. Pedang bercabang tujuh ini dibuat dan dipersembahkan kepada Raja Geunchogo sebagai tanda hormat karena membayar upeti kepada Eastern Jin pada abad ke-4.

Salah satu pedang tertua di dunia yang  memiliki bentuk unik ini memiliki panjang sekitar 74,9 cm.  Pedang ini dibuat hanya untuk keperluan upacara saja. Sekarang pedang bercabang tujuh disimpan rapi di kuil Isonokami di daerah Perfektur Nara, Jepang.

  1. Pedang Zulfiqar

pedang tertua di dunia zulfikar

Ketika anda melihat pedang ini secara sekilas, tentu anda sudah tau milik siapa pedang tertua ini. Yapss pedang ini merupakan pedang milik sahabat Ali Bin Abi Thalib , pada saat Ali menggunakan pedang  untuk berperang maka tidak ada musuh yang selamat.

Sampai saat ini keberadaan pedang ini masih sangat misterius, menurut rumor yang beredar pedang ini ditenggelamkan oleh Ali bin Abi Thalib sendiri karena suatu alasan. Sedangkan ada orang yang mengatakan jika pedang ini sudah ditemukan dan sampai saat ini masih disembunyikan dengan aman.

  1. Pedang Joyeuse

pedang tertua di dunia joyeuse

Pedang tertua satu ini adalah milik Charlemagne. Charlemagne adalah seorang penguasa besar yang sempat menjadi pemimpin kaum frank sekitar tahun 768 masehi. Charlemagne lahir kira-kira pada tahun 742 masehi. Pada tahun 800 masehi ia sempat di angkat menjadi Kaisar Roma. Pada saat menduduki kursi kerajaan Roma selama hidupnya, ia sangat dikenal sebagai pemilik Pedang Joyeuse.

  1. Pedang Mercy

nama pedang tertua di dunia mercy

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh pedang tertua yang satu ini yakni ujung pedangnya yang patah. Menurut rumor yang beredar, ujung pedang mercy sengaja dipatahkan untuk mencegah terjadinya pembunuhan. Edward Confessor adalah pemilik pedang tertua yang satu ini.

Tahukah anda bahwa Edward Confessor merupakan seorang raja Anglo-Saxon terakhir Inggris, ia berkuasa pada tahun 1042 hingga 1066 masehi. Pedang Mercy merupakan pedang yang dipegang oleh raja untuk melimpahkan kehormatan pada ksatria.

  1. Pedang Tizona

nama pedang tertua di dunia tizona

Pedang Tizona merupakan pedang tertua di dunia dipakai oleh El Cid untuk melawan kaum Moor. El Cid memiliki banyak sekali pedang pedang yang digunakan untuk berpedang salah satu yang terkenal adalah pedang Colada.

Pedang Tizona merupakan salah satu pedang peninggalan yang sangat dihargai di Negara Spanyol. Pedang tertua ini di tempa di Cordoba kira-kira pada abad ke-11, panjang pedang ini sekitar 103 cm dan beratnya mencapai 1,1 kg. Keberadaan pedang tertua ini saat ini berada di Museum de Burgos di Spanyol.

  1. Pedang Langka Damaskus

nama foto pedang tertua di dunia damaskus

 

Pedang Damaskus merupakan pedang yang dipakai oleh kaum muslimim ketika perang salib terjadi di abad ke-12. Pada waktu itu pedang damaskus dengan mudahnya menembus baju zirah pasukan salib, bahkan pedang ini dapat membelah tameng. Tentu hal ini mengejutkan pasukan salib sehingga membuat mereka ketakutan.

Ciri khas pedang ini yakni adanya pola tanda aliran air dipermukaannya. Pedang damaskus disebut-sebut sebagai pedang paling tajam didunia, proses pembuatan pedang damaskus konon katanya menggunakan teknologi nano. Akan tetapi, sayangnya teknik pembuatan pedang ini menghilang di abad ke-18.

  1. Pedang Wallace

nama foto pedang tertua di dunia wallace
Pedang Tertua Di Dunia

William Wallace merupakan salah satu orang yang menggunakan pedang Wallace pada saat melakukan pertempuran di jembatan Stirling tahun 1297 dan pertempuran Falkirkb tahun 1298. Pedang tertua ini mempunyai panjang 132 cm dan beratnya mencapai 2,7 kg.

Akhir hidup William Wallace cukup tragis, ia ditangkap oleh Raja Edward I dari Negara Inggris dan dieksekusi karena dianggap sebagai penghianat. Pedang Wallace saat ini dapat anda lihat di Monumen Nasional di Stirling, Skotlandia.

  1. Pedang Honjo Masamune

nama foto pedang tertua di dunia honjo

Pedang tertua di dunia ini merupakan pedang yang mewakili keshogunan atau panglima tertinggi selama periode Edo Jepang. Pedang Honjo Masamune diturunkan dari satu shogun ke shogun berikutnya hingga beberapa generasi selanjutnya. Pemilik terakhir pedang Honjo Masamune adalah Tokugawa Lemasa.

Pedang tertua ini merupakan salah satu pedang hasil kerja pandai besi terbesar didunia, yakni Masamune. Masamune hidup sekitar tahun 1288-1328 masehi. Namun, saat ini keberadaan salah satu pedang tertua di dunia ini masih menjadi misteri.

  1. Pedang Kusanagi no Tsurugi

nama foto pedang tertua di dunia kusanagi

Pedang ini merupakan pedang legendaris bangsa jepang, pedang Kusanagi no Tsurugi juga merupakan salah satu dari tiga tanda kerajaan jepang. Pedang tertua ini dibuat untuk Yamato Takeru, ia merupakan seorang komandan dalam perang rumput terbuka pada masa pemerintahan kaisar XII.

Awal mulanya pedang Kusanagi no Tsurugi bernama Ama no Murakumo no Tsurugi, lau di ubah menjadi nama Kusanagi no Tsurugi yang terkenal sekarang ini. Sayangnya pedang ini hilang di laut pada saat yamato terbunuh dalam sebuah pertemburan dahsyat pada tahun 1371.

  1. Pedang Kuno Jawa

nama foto pedang tertua di dunia kuno jawa

Keris meteor merupakan pedang kuno Jawa yang terpopuler pada waktu itu, sesuai dengan namanya, keris ini berbahan dasar dari meteor. Pada saat era Mataram Sultan Agung yakni abad ke-16 keris paling terkenal yakni keris yang terbuat dari meteor.

Sebenarnya para empu keris yang berada di Jawa sejak abad ke-12 atau ke-13 sudah memakai meteor sebagai bahan dasar pembuatan keris. Meteor dipilih oleh para pandai besi karena mempunyai unsur titanium.

  1. Pedang San Martin

nama foto pedang tertua di dunia san martin

Pedang San Martin adalah pedang melengkung yang dimiliki oleh Jose de San Martin. Jose de San Martin merupakan jenderal dari Argentina yang sangat dikenal pada tahun 1778-1850. Ia juga memberikan sengata pasukan berkudanya dengan senjata yang sama.

Setelah kematian Jose de San Martin, salah satu pedang tertua di dunia ini di berikan kepada Jenderal Don Juan Manuel de Rosas. Pada tahun 1892, pedang ini dikirim ke Museum Sejarah Nasional di Buenos Aires. Sampai sekarang, pedang ini masih tersimpan di museum itu.

  1. Pedang Legendaris yang Tertancap Dalam Batu

nama foto pedang tertua di dunia dalam batu
Pedang Tertua Di Dunia

Excalibur adalah pedang Raja Arthur yang terkenal. Ada dua versi cerita pedang Excalibur yang terkenal. Yang pertama adalah pedang yang tertancap di batu, pedang ini hanya bisa di cabut oleh Arthur yang membuktikan bahwa pewaris yang sah. Sedangkan cerita yang kedua adalah pedang yang diberikan oleh penjaga danau untuk Arthur.

Walaupun legenda Artur hanya cerita belaka. Namun, pedang excalibur ternyata memang ada dunia nyata, tapi bukan di Inggris melainkan di Italia. Di dalam sebuah kapel di Monte Siepi, Italia, ada sebuah pedang kuno yang tertanam di dalam batu. Pedang itu adalah milik San Galgano, seorang ksatria dari Tuscany yang hidup pada abad ke-13.

Pedang Termahal di Dunia

Walaupun pedang tertua di dunia kebanyakan disimpan di dalam museum atau bahkan menghilang. Namun, ada juga beberapa pedang yang mempunyai sejarah panjang diperjual belikan. Bayangkan saja, berapa harga pedang tertua di dunia jika diperjualbelikan?

Berikut ini pedang termahal di dunia yang memiliki nilai sejarah panjang:

  1. Pedang Napoleon

nama foto pedang tertua di dunia napoleon

Napoleon adalah seorang Jendral sekaligus kaisar Prancis, ia lahir pada pada abad ke-18. Ia membuat banyak kemenangan dalam pertempuran, selama dipertempuran pedang Napoleon selalu menemani dalam setiap perjuangannya.

Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, pedang ini juga terbuat dari emas. Pedang ini terjual dengan harga Rp 86,66 miliar di rumah lelang Osenat pada tahun 2007.

  1. Handle Giok Pedang Cina

nama foto pedang tertua di dunia giok

Handle Giok pedang Cina sudah terkenal di seluruh dunia. Handle Giok termahal terjual dengan harga Rp 79,06 miliar pada tahun 2006 di rumah lelang Sotheby.

Keunikan pedang ini bukan hanya dari pegangannya yang terbuat dari giok, giok tersebut juga di ukir sehingga menambah nilai seni pedang tersebut. Bahkan beberapa game menggunakan nama pedang ini dalam permainannya.

  1. Belati Kaisar Mughal Shah Jahan

nama foto pedang tertua di dunia kaisar
Pedang Tertua Di Dunia

Shah jahan adalah seorang raja ke-5 dari Dinasti Mogul di India, Shah Jahan memerintah dari tahun 1627-1658. Selain membuat hasil karya seni yang menajubkan kepada dunia, seperti misalnya Taj Mahal. Begitu juga dengan belati yang satu ini.

Ia memakai belati ini selama hidupnya untuk berperang. Akhirnya di tahun 2008, belati Kaisar Mughal Shah terjual dengan harga Rp 39,99 miliar di Bonhams.

Itulah ke-17 pedang tertua di dunia dan pedang termahal di dunia. Masih banyak misteri mengenai pedang-pedang bersejarah yang belum bisa diungkapkan. Semoga dengan kemajuan teknologi, misteri mengenai keberadaan pedang tertua di dunia bisa terungkap. Sekiranya anda membutuhkan informasi seputar jual pedang silahkan kunjungi website dengan keyword jual pedang.

Tinggalkan komentar