Pakaian dan Perlengkapan Sunnah Seorang Muslim

Pakaian dan Perlengkapan Sunnah – Mengenal pakaian syar’ie tidak lepas dari tuntunan dan contoh baginda nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Dalam artikel ini kami  akan membagi menjadi beberapa bagian, sebelumnya mari kita pikirkan terlebih dahulu mengapa begitu pentingnya syiar berpakaian sunnah. Bapak/ibu setujukah jika anak akan mencontoh orang tua dan orang orang disekitarnya?

Children see children do ! right? Ketika kita memutuskan untuk berhijrah, meninggalkan adat dan kebiasaan dan tradisi cara berpakaian kita yaitu belum menutup aurat maka sebaiknya lakukan sebelum datang penyesalan. Anak anak adalah potensi pengharapan yang akan menyelamatkan kita nanti diakhirat.

Maka anak yang tidak berhijab, tidak menutup aurat ia tidak akan bisa menolong dirinya sendiri. Apalagi mendoakan dan menyelamatkan orang tuanya. Jauh panggang dari pada api. Maka pentingnya kita membiasakan dengan berpakaian sunnah. Dan anak pun tidak kaget jika tiba tiba dipaksa maka  sedini mungkin kita pahamkan dan pakaikan.

Nah berikut ini adalah beberapa macam jenis pakaian sunnah dan islami sebagaimana para nabi dan para sahabat contohkan :

  1. Celana sirwal laaisbal (diatas mata kaki)

distributor celana sirwal depok

Ada hadits yang sohih menyatakan bahwa celana yang dibawah mata kaki tempatnya adalah neraka, ditambah lagi ada hadis yang menyatakan isbal (memakai celana dibawah mata kaki ) adalah bentuk kesombongan. Nah bisa didapat pesan tersebut?

Jujur saja saat tulisan ini diketik penulis pun sudah tau lama hadist tersebut, tapi sebelum mencoba terasa berat, kuno dan ga pede! Eh ketika sudah dipake dan memberanikan diri Alhamdulillah Allah beri kemudahan dan kenyamanan. Semoga bisa istiqomah yaa…. Aamiiien.

Kalau mau cari sirwal yang bagus kami rekomendasikan celana sirwalmataair.com bisa hubungi 085697497182 atau celana IBAD untuk acara formal dan kantor bisa dihubungi nomer itu juga.

Mengingat pentingnya memakai celana sirwal aka celana cingkrang saran kami bukalah kitab dan hadits hadits pentingnya bercelana laaibal.

  1. Gamis atau jubbah

pakaian dan perlengkapan sunnah

Walaupun masyarakat Indonesia umumnya berpakaian baju koko atau baju taqwa namun gamis dan jubbah bukanlah tradisi ke-arab araban. Sejarah mencatat pahlawan pahlawan Indonesia dahulu memakai gamis dan jubbah. Lengkap, peci , surban (imamah), celana cingkrang dan lain sebagainya

Denagan adanya perkembangan zaman maka banyak pula yang mendesain  dan custom jubbah menjadi lebih modern. Sebut saja kami (promosi sekalian yaa hehehe) menyediakan jubbah dan gamis arab Saudi local berbahan katun size M – XXXL. Ditambah kami mempunyai gamis Pakistan dan Jubah Maroko.

Kalau belum tahu nanti bisa tanyakan admin kami. Insyaallah ditanggapi dengan baik. Jangan lupa untuk menyertakan nama dan alamat lengkapnya ya

  1. Imamah atau Sorban

pakaian dan perlengkapan sunnah

Banyak imamah atau sorban dengan gaya pemakaian yang berbeda. Pernahkah melihat orang arab berpakaian gamis lalu diatas kepalanya ada penutup kepala berupa kain merah lalu diikat dengan tali khusus?

Atau pernahkah melihat pangerang Diponegoro yang memakai sorban dengan melilitkan di kepalanya? Itu contoh beberapa pemakaian langsung ya. Bahkan ada seseorang yang memakai imamah dengan model gunung. Jadi tinggi surban dan pecinya. Alhamdulillah penulis beberapa kali juga memakai surban ini bahkan untuk menikah dipakai dihadapan para tamu. Tapi hanya dislempangkan hehhe

Dan kabar baiknya saat ini imamah atau sorban bisa dipadukan dengan kaos, jadi seperti memakai syall. Entah artis siapa yang mempopulerkan yaitu sekitar tahun 2005 ungu band pasha mungkin ya?

  1. Peci

pakaian dan perlengkapan sunnah1

Penutup kepala yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Banyak macam dan motif warnanya, untuk dikalangan masyarakat Indonesia khususnya bapak bapak dari daerah jawa biasa memakai songkok. Nah presiden Sukarno pun memakai songkok dalam berpidato dan beberapa kegiatannya.

Terlepas dari yang mengatakan bahwa memakai peci  itu bid’ah maka penulis beritikad baik untuk merealisasikan bahwasannya firman Allah : ambillah pakaian terbaik mu untuk memasuki masjid “. Kalo ketemu orang penting saja kita hormat dan berpakakaian rapih.

Maka bagaimana kita berhadapan dengan rabbul alamin. Tidakkah kita memakai “perhiasan” berupa pakaian yang baik dan bagus.

Ada sebuah hadits juga yang menyatakan bahwa : sesungguhnya Allah menyukai  apabila hambanya beribadah kepadanya dengan menampakkan kebaikan yang telah ia beri.

  1. Gamis perempuan / Jubah akhwat

pakaian dan perlengkapan sunnah2

Ini yang tak kalah penting, karena wanita lebih banyak ketimbang laki laki maka wanita adalah perhiasan yang harus dijaga kesuciannya dan tertutup auratnya.  Bayangkan aurat wanita adalah dari ujung kaki sampai ujung rambut.

Kecuali wajah dan telapak tangan begitulah sabda nabi Muhammad. Ini bukan mendeskreditkan wanita, justru dalam islam martabat wanita dijunjung tinggi. Apabila hancur generasi wanita maka dipastikan hancur juga sebuah bangsa dan kaum tersebut.

Satu orang wanita minimal dia ditanggung jawabi oleh 4 saudara laki laki nya. Pertama ayahnya, kedua pamannya, ketiga saudara laki lakinya, keempat suaminya. Dan karena lebih banyak yang memasuki neraka adalah kaum wanita maka sangat penting pendidikan hijab ini.

Bagaimana jika hanya menyuruh saudari kita berhijab tapi ibu dan saudari saudarinya tidak memakai hijab? Jelas tidak akan bisa tanpa izin Allah. Bapak /ibu bisa saja mencarikan hijab di pasar atau dimana saja tidak dikami juga tidak apa apa.

Kami hanya menyampaikan buah pemikiran kami dengan sedikit ilmu yang terbatas. Untuk itu mari kita jaga wanita wanita mahram kita. Apabila ibu / bapak menanyakan produk kami, kami bisa memberikan beberapa pilihan.

Hijab yang bagus adalah yang tidak terawang, tidak ketat, tidak membentuk lekukan tubuh. Dan pastikan kainnya adem agar saudari/istri kita betah memakai hijabnya.kami memproduksi khusus pesanan hijab dari bahan kaun dan adem masalah harga kami berikan sesuai kualitasnya. Insyaallah tidak kecewa.

Akhir kata tapi bukan yang terakhir,hidup adalah pilihan. Dan pilihan itu ada ditangan anda. Jangan sampai kita menyesal diakhir hayat kita sementara kita belum banyak menghasilkan persiapan yaitu dengan amal solih dan anak yang solih.

Allah dengan kemaha Agung nya berfirman yang artinya bertakwalah kamu semampumu. Untuk menunjukkan maha Pengasih dan Maha Penyayangnya kepada hambanya agar bisa memulai dari yang terkecil dan dari diri sendiri untuk melakukan perubahan. Kita dituntut untuk bertaqwa.

Sehingga apabila ajal menjemput kita, bekal iman dan taqwa bisa menemani dialam kubur dan padang mahsyar sebagai pembelaan dihadapan Allah subhanahu wataala. Terimakasih apabila anda sudah membaca sampai akhir artikel ini maka anda kami beri informasi yang mungkin sangat berguna.

Toko Grosir Pakaian Sunnah

toko online celana sirwal

Silahkan di klik m.fb.me/sirwal.mataair , kami biasa update produk di fanpage facebook. Ada informasi produk terbaru, testimony bahkan give away! Alias bagi bagi produk gratis. Silahkan dishare dan disimpan kontaknya. Apabila anda juga mempunya toko yang ramai pengunjungnya bisa ditawarkan untuk pengisian produk.

Yang penting jangan hutang ya… hehehe terimkasih dan sampai jumpa.

Untuk informasi dan order hijab silahkan hubungi admin kami whatsapp 085697497182

Tinggalkan komentar