7 Daftar Oleh Oleh Haji dan Umroh Yang Sering DiBawa Pulang Jamaah

Oleh oleh haji dan umroh – Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang terdapat dalam rukun islam. Apabila seorang muslim melakukan rukun islam yang satu ini (Haji) maka lengkap sudah ia melaksanakan rukun islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

Namun bukan berarti jika tidak melaksanakan ibadah haji, kita tidak melaksanakan rukun islam secara utuh. Pada dasarnya ibadah haji ditujukan kepada mereka yang mampu melaksanakannya, mampu dalam materi, mental dan kesehatan. Bagi mereka yang belum mampu maka tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah haji.

Oleh Oleh Haji dan Umroh

oleh oleh haji dan umroh
oleh oleh haji dan umroh

Seringkali ketika kita melihat jamaah haji atau umroh yang berkunjung ke tanah suci, dalam hati kecil sering berbicara “Kapan saya dipanggil Alloh Ta’ala untuk berkunjung ke Baitullah”. Perbanyak doa dan usaha agar kelak kita juga bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh bersama orang-orang yang kita sayangi.

Ketika kita melihat jamaah haji dan umroh sehabis pulang melaksanakan ibadah di tanah suci, para jamaah seringkali membagi-bagikan oleh-oleh haji dan umroh kepada keluarga dan tetangga terdekat.

Oleh-oleh yang dibawanya pun beraneka macam, mulai dari makanan, minuman, pakaian, miniatur dan accesoris ataupun yang lainnya. Pada artikel kali ini kami ingin membahas apa saja oleh-oleh haji dan umroh yang bisa anda berikan kepada keluarga anda.

1. Baju Khas Timur Tengah

Oleh oleh haji dan umroh
Oleh oleh haji dan umroh

Bagi anda penikmat fashion atau gemar membeli pakaian dengan harga yang bermacam-macam, oleh oleh haji dan umroh yang satu ini patut anda beli. Baju khas timur tengah ini bisa anda dapatkan sewaktu anda berada di Kota Mekkah ataupun Madinah.

Sempatkan diri anda untuk mampir di toko-toko ketika sedang berada di kota Mekkah dan Madinah saat ingin mendapatkan oleh oleh ini. Jika anda tidak tau dimana tempat beli pakaian khas ini anda bisa bertanya kepada penyelenggara haji atau umroh atau jika anda bisa berbahasa arab anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar.

Saran dari kami ketika anda ingin membeli pakaian khas timur tengah ini, siapkan terlebih dahulu dana yang ingin anda belanjakan. Jangan sampai anda berbelanja namun tidak menentukan berapa batas dana yang ingin anda keluarkan.

2. Kacang Arab

Oleh oleh haji dan umroh

Jika anda ingin membawa oleh-oleh haji dan umroh berupa makanan ringan maka kacang arab bisa menjadi solusi. Perlu anda ketahui jenis kacang arab yang terkenal disana adalah kacang jenis futsuk.

Ciri khas kacang ini adalah rasa yang gurih dan manis sehingga banyak dikalangan jamaah haji dan umroh dari Indonesia yang menjadikan makanan ringan ini sebagai oleh-oleh.

Rasanya yang enak ternyata kacang ini juga baik di konsumsi oleh ibu hamil. Kacang arab juga seringkali menjadi hidangan ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah jadi cocok sekali ketika makanan ini dijadikan oleh-oleh

3. Kismis Arab

Oleh oleh haji dan umroh

Bagi anda yang sering mengkonsumsi kismis, tak ada salahnya jika anda mencoba kismis arab ketika anda sedang berada di Mekkah atau Madinah. Kismis juga salah satu oleh oleh haji dan umroh yang sering dibawa oleh jamaah tanah air.

Alasan yang mendasar makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh adalah kasiat yang banyak diantaranya mencerdaskan otak, kemudian harga yang murah dan juga jumlah yang banyak.

Jika anda belum sempat membeli oleh-oleh yang satu ini anda juga bisa mendapatkan ketika sudah berada di Indonesia. Biasanya oleh-oleh ini sudah menjadi satu paket dengan air zam-zam ketika dijadikan oleh oleh.

4. Kurma

oleh oleh kurma haji dan umroh

Buah kurma merupakan makanan favorit orang-orang di tanah arab. Untuk mendapatkan oleh oleh ini tak perlu pusing apalagi khawatir, karena makanan satu ini sangat mudah ditemukan ketika anda sedang berada di tanah suci.

Buah kurma sendiri ada yang kering dan juga ada yang basah, Nah kurma yang basah merupakan oleh oleh haji dan umroh yang cocok di bawa ke tanah air. Bagi anda yang belum pernah mencicipi jenis kurma ajwa, anda juga bisa membelinya saat sedang umroh atau haji.

5. Air Zam-zam

oleh oleh haji dan umroh asli

Oleh oleh haji dan umroh yang satu siapa yang tidak kenal? Hampir semua jamaah yang berkunjung ke tanah suci membawa air zam zam untuk dibawa pulang daerahnya masing-masing.

Air suci yang mempunyai sejarah yang tak pernah dilupakan umat islam ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Air zam-zam ini sampai detik ini belum pernah berhenti mengalir sehingga anda tak perlu kawatir untuk tidak mendapatkan oleh-oleh yang satu ini.

Jika misalkan anda lupa membawa air zam zam untuk dijadikan oleh-oleh, anda juga bisa membelinya di tanah air indonesia. Di sini juga sudah banyak penjual yang memperjualbelikan air ini kepada masyarakat indonesia ataupun jamaah haji dan umroh

6. Coklat Arab

Daftar Oleh oleh haji dan umroh

Bagi anda penggemar coklat yang suka mengkonsumsi jenis coklat dan beraneka ragam makanan dan minuman dari coklat. Maka rasa-rasanya oleh oleh haji dan umroh yang satu ini cocok untuk dijadikan buah tangan ketika anda berkunjung ke tanah suci.

Disana banyak sekali yang memperjual belikan coklat arab. Jenis oleh oleh ini juga praktis untuk dibawa pulang terlebih lagi makanan ini tidak memerlukan tempat yang luas ketika dimasukan kedalam koper.

7. Sajadah

Oleh oleh haji dan umroh

Oleh oleh haji dan umroh yang terakhir yang bisa anda bawa pulang adalah sajadah. Perlengkapan solat ini banyak di beli oleh para jamaah haji dan umroh sewaktu sedang berada disana.

Banyak sekali motif dan bahan yang tersedia, maka kami sarankan kepada anda untuk membeli sajadah dengan motif yang polos dan bahan yang halus. Motif polos akan memudahkan anda untuk tetap khusyuk ketika sedang melaksanakan sholat.

Tinggalkan komentar