Obat Tradisional Untuk Keputihan

4 Jenis Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh Untuk Anak atau Dewasa

Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh – Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan secara ringkas apa itu penyakit keputihan, penyebabnya serta tips cara mencegah kemunculannya sejak dini. Namun untuk kaum hawa yang sudah terlanjur terkena penyakit keputihan tentu diperlukan solusi pengobatan yang memadai.

Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh

Obat Tradisional Untuk Keputihan

Dalam artikel ini kami akan merangkum empat jenis obat keputihan tradisional paling ampuh yang bisa ditemukan di sekitar kita. Harapannya tentu saja informasi ini bisa membantu Anda yang sedang berusaha mengatasi penyakit keputihan yang Anda alami, sehingga keluhan yang ditimbulkan oleh penyakit ini bisa hilang untuk selamanya.

Penyakit keputihan sebenarnya bisa ditangani dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan cara-cara modern maupun dengan menggali kembali resep-resep pengobatan tradisional. Untuk resep pengobatan keputihan secara tradisional ini pun banyak alternatifnya, karena masing-masing tradisi pengobatan mungkin akan menyajikan cara yang berbeda, sesuai dengan kondisi di daerah masing-masing.

Misalnya saja, resep pengobatan keputihan menurut tradisi pengobatan tradisional Jawa mungkin akan sedikit berbeda dengan yang terdapat pada tradisi pengobatan Cina kuno. Demikian juga dengan cara mengatasi penyakit keputihan menurut resep India tradisional mungkin akan berlainan dengan yang terdapat pada cara-cara pengobatan tradisional Melayu.

Manakah yang terbaik? Masing-masing tradisi pengobatan memiliki kelebihan tersendiri. Tips dalam memilih cara pengobatan yang paling bijaksana tentu saja dengan mempertimbangkan kemudahan dalam mendapatkan bahan-bahan yang hendak digunakan dalam cara pengobatan yang dipilih itu sendiri. Berikut ini adalah empat bahan pengobatan penyakit keputihan secara tradisional yang cukup mudah untuk diperoleh di berbagai daerah di Indonesia.

  1. Daun Sirih

Obat Tradisional Keputihan

Daun sirih merupakan salah satu tumbuhan obat yang merupakan tanaman asli Indonesia. Secara khusus, sirih merupakan tanaman khas dari kepulauan Riau. Sirih tumbuh dengan cara merambat pada tanaman lain yang memiliki batang. Secara tradisional, daun sirih sering dikonsumsi dengan dikunyah dan biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gambir, pinang, kapur dan tembakau. Upacara memakan daun sirih berkembang luas dan sangat dihargai dikalangan masyarakat Melayu. Sementara di daerah-daerah lain, tanaman sirih banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Dalam pengobatan tradisional daun sirih memiliki banyak kegunaan. Hal ini tidak mengherankan karena tumbuhan ini memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Minyak atsiri yang terdapat pada tanaman sirih mengandung unsur betlephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak serta kavikol yang memiliki kemampuan membunuh kuman, antioksidan, fungisida dan anti jamur. Oleh sebab itu, sirih efektif untuk mengatasi masalah bau badan yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur.

Disamping itu, sirih juga baik untuk menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, serta mengatasi gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, sirih juga dipakai untuk mengencerkan serta mengeluarkan dahak. Selengkapnya, sirih bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan, termasuk: 1) Batuk; 2) Sariawan; 3) Bronchitis; 4) Jerawat; 5) Keputihan; 6) Sakit gigi; 7) Demam berdarah; 8) Bau mulut; 9) Menstruasi tidak teratur; 10) Asma; 11) Radang tenggorokan; 12) Pembengkakan pada gusi; 13) Sakit mata; 14) Bau badan.

Cara Mengobati Keputihan Dengan Daun Sirih

Obat Tradisional Keputihan Gatal

– Siapkan 5 lembar daun sirih

– Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menghasilkan 2 gelas air hasil rebusan

– Gunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh organ intim. Lakukan pencucian 1-3 kali dalam sehari.

– Disamping dipakai untuk membasuh organ intim, rebusan daun sirih juga bisa diminum untuk melakukan penyembuhan dari dalam

  1. Sambiloto

Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh

Sambiloto merupakan salah satu tanaman obat yang cukup terkenal di tanah air. Tidak hanya di Indonesia, sambiloto juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat berkhasiat di Negara-negara lain seperti India, Thailand dan Malaysia. Ini tidak mengherankan karena tanaman ini memang berasal dan berkembang luas di kawasan Asia tropis.

Di Indonesia tumbuhan sambiloto dikenal dengan nama yang berlainan di masing-masing daerah. Di daerah Sumatera (Melayu) dikenal dengan sebutan sambilata, di Sumatera Barat disebut dengan ampadu tanah, sementara di Jawa Tengah disebut dengan beberapa nama, seperti sambiloto, ki pait, bidara, dan andiloto. Sedangkan di daerah Jawa Barat tanaman ini disebut ki oray, dan di Madura disebut dengan istilah pepaitan. Adapun dalam khazanah pengobatan Cina sambiloto dikenal dengan nama chuan xin lien.

Sambiloto tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan keputihan. Terdapat sejumlah manfaat medis lainnya dari tumbuhan obat ini, diantaranya:

– melancarkan buang air kecil

– mencegah radang

– menurunkan panas badan

– obat sakit perut

– obat kencing manis

– menurunkan tekanan darah

– obat penyakit tifus

Cara Mengobati Keputihan Dengan Sambiloto

Obat Tradisional Untuk Keputihan

– ambil 3 batang sambiloto, bersihkan dan potong-potong kecil

– rebus potongan batang sambiloto dengan 4 gelas air bersih hingga menyisakan 2 gelas hasil rebusan

– saringan air rebusan didinginkan dan diminum 3 kali sehari sebanyak ¾ gelas

  1. Lidah Buaya

Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh

Lidah buaya atau yang dikenal juga dengan istilah aloe vera sudah digunakan sebagai tanaman yang berkhasiat untuk pengobatan maupun perawatan kecantikan sejak lama. Meskipun tumhuhan ini sangat cocok berkembang di kawasan yang kering seperti di Afrika, namun ia juga bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis yang kaya hujan seperti Indonesia.

Lidah buaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan berkat kandungannya yang kaya akan zat-zat enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan lain sebagainya. Lidah buaya dikenal sangat baik sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri serta untuk regenerasi sel. Tak hanya itu, aloe vera juga memiliki sejumlah manfaat lainnya, diantaranya untuk pengobatan diabetes, mengontrol tekanan darah, pencegahan kanker, serta penyedia nutrisi khususnya bagi penderita HIV/AIDS dan kanker.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Lidah Buaya

Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh

Cara mengatasi keputihan dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah mengatasi keputihan dengan lidah buaya:

– ambil 1 tangkai daun lidah buaya ukuran sedang, kupas kulitnya

– potong-potong daging daun lidah buaya yang sudah dikupas lalu diblender sampai halus

– masukkan kedalam panci, campur dengan segenggam daun sambiloto dan 3-5 lembar daun sirih serta 2 gelas air

– rebus hingga mendidih, lalu diamkan sampai dingin

– gunakan air rebusan untuk mencuci organ intim 2 kali sehari

Resep diatas bisa dimodifikasi dengan menghilangkan daun sirih sehingga air rebusan bisa juga dimanfaatkan dengan diminum

  1. Akar Mawar

Obat Keputihan Tradisional Paling Ampuh

Resep yang satu ini mungkin belum banyak orang yang tahu. Namun kenyataannya akar bunga mawar ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit keputihan pada kaum hawa.

Cara Mengobati Keputihan Dengan Akar Mawar

Obat Tradisional Untuk Keputihan

– ambil akar mawar secukupnya (kira-kira 9-10 gram), bersihkan lalu dicuci

– rebus akar mawar yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan 1 gelas air

– tunggu hingga mendidih dan menyisakan ½ gelas air rebusan, lalu dinginkan

– saring air rebusan daun mawar dan siap untuk diminum

Sebagai catatan, resep pengobatan keputihan dengan akar mawar ini tidak cocok untuk wanita yang sedang hamil. Untuk masalah keputihan yang dialami wanita hamil akan dibahas dalam artikel berikutnya.

Demikian empat jenis obat keputihan tradisional paling ampuh yang bisa kami uraikan untuk kali ini. Masih banyak resep-resep pengobatan keputihan lainnya yang bisa dicoba. Mudah-mudahan dalam tulisan lain akan kami bahas cara pengobatan keputihan dengan memanfaatkan bahan-bahan lain diluar yang sudah disebutkan disini.

Tinggalkan komentar