obat ampuh untuk keputihan gatal resep dokter

5 Nama Obat Keputihan Resep Dokter Yang Ampuh

Obat Keputihan Resep Dokter – Bagi yang pernah menderita keputihan tentu mengerti betapa penyakit ini sangat mengganggu, bahkan cenderung menjengkelkan. Rasa gatal, bau tak sedap serta cairan keputihan yang membanjir banyak menghambat aktifitas dan mengurangi rasa percaya diri. Belum lagi ancaman berbagai penyakit yang lebih serius yang selalu menghantui ketika keputihan yang diderita tak kunjung hilang.

Obat Alternatif Keputihan

harga obat untuk keputihan gatal resep dokter
Obat Keputihan Resep Dokter

Ada beberapa alternatif cara mengatasi keputihan yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan konsultasi dan pengobatan melalui dokter spesialis. Cara lain adalah dengan menggunakan aneka resep obat keputihan tradisional. Atau wanita penderita keputihan bisa juga menggunakan obat keputihan herbal modern yang banyak dijual baik secara online maupun offline, seperti Crystal X misalnya.

Masing-masing pilihan tentu ada kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Yang penting adalah Anda sebagai konsumen memahami terlebih dahulu konsekuensi pemakaian masing-masing resep yang ada dan menyesuaikan dengan kondisi pribadi Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa resep obat keputihan yang sering diberikan dokter kepada wanita penderita keputihan. Harapannya tentu saja informasi ini bisa membantu Anda memahami cara kerja dan konsekuensi yang ditimbulkan oleh pemakaian obat-obatan tersebut. Dengan demikian Anda sudah menyiapkan diri ketika memilih untuk menggunakan obat keputihan resep dokter tersebut.

  1. Flagyl Forte

nama obat keputihan gatal resep dokter

Obat antibiotik keluaran Aventis Pharma ini sering diberikan oleh dokter untuk penderita keputihan. Hal itu dikarenakan Flagyl Forte memang berfungsi mengatasi infeksi yang disebabkan oleh protozoa dan bakteri anaerob. Tak hanya untuk keputihan, Flagyl Forte juga bisa digunakan untuk pengobatan penyakit menular seksual.

Flagyl Forte atau metronidazole memiliki efek antibakteri dan antiparasit. Namun obat ini tidak memiliki efek anti jamur. Oleh sebab itu, metronidazole hanya cocok untuk pengobatan keputihan yang disebabkan parasit dab bakteri, namun tidak cocok untuk keputihan yang disebabkan oleh jamur.

Efek samping yang sering timbul dari pemakaian Flagyl Forte meliputi:

  • Rasa tidak enak di mulut, gangguan saluran pencernaan
  • Mengantuk, pusing, sakit kepala, ruam pada kulit, gatal-gatal, warna urin menjadi gelap/pekat
  • Kejang-kejang yang bersifat sementara (biasanya timbul pada terapi jangka panjang).
  1. Clindamycine

nama obat untuk keputihan gatal resep dokter

Jika Anda mengalami keputihan yang disebabkan oleh bakteri vaginosis, kemungkinan dokter akan memberikan resep anti bakteri clindamycin ini. Clindamycin memiliki bentuk krim atau salep, yang dipakai dengan cara dioles. Beberapa efek samping dari clindamycin diantaranya adalah:

  1. Kesulitan bernafas
  2. Bengkak di area wajah, bibir, lidan dan tenggorokan akibat adanya alergi

Jika Anda mengalami diare, demam, kuning pada kulit dan mata, dan lain sebagainya setelah menggunakan obat ini, dianjurkan untuk menghentikan pemakaian dan melakukan konsultasi dengan dokter Anda.

  1. Govazol

obat ampuh untuk keputihan gatal resep dokter
Obat Keputihan Resep Dokter

Govazol merupakan antibiotik yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur. Obat ini biasanya dipadukan dengan obat lain. Govazol tersedia dalam bentuk kapsul dan infus.

Govazol merupakan resep untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur. Termasuk diantaranya adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur candida. Infeksi oleh jamur candida pada vagina merupakan salah satu penyebab keputihan. Infeksi jamur ini juga bisa muncul di mulut, tenggorokan, dan aliran darah. Obat Govazol ini memiliki kandungan fluconazole, yang merupakan obat anti jamur golongan triazole.

Efek samping yang mungkin muncul pada penggunaan Govazol antara lain adalah:

  • Sakit kepala, ruam, pusing, mual, muntah, sakit perut, diare dan peningkatan anzim hati
  • Anoreksia, lelah dan sembelit
  • Pernah juga ditemukan efek reaksi kulit yang cukup serius pada pasien AIDS yang menggunakan Govazol
  1. Tinidazole

obat keputihan gatal resep dokter

Sama seperti metronidazole dan clindamycin, tinidazole juga termasuk obat antibiotik yang memiliki kemampuan anti bakteri. Namun dibandingkan kedua merk antibiotik diatas, tinidazole diketahui memiliki efek samping yang lebih ringan. Disamping mampu mengatasi bakteri vaginosis, tinidazole juga mampu mengatasi infeksi usus dan penyakit menular seksual.

Meskipun efek sampingnya lebih ringan, namun tetap harus diperhatikan jika muncul gejala gejala seperti demam, menggigil, flu, pegal-pegal, kebas dan nyeri pada sebagian anggota tubuh. Jika mengalami kondisi demikian setelah memakai tinidazole, dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Sebagai catatan tambahan, tinidazole biasanya tidak diresepkan untuk wanita yang sedang hamil.

  1. Nimorazole

obat keputihan resep dokter kandungan

Merupakan golongan obat Azol yang terbaru. Nimorazole tersedia dalam bentuk tablet oral dan dapat dikombinasikan dengan obat nystatin dalam bentuk vaginal tablet.

Demikian lima jenis obat keputihan yang sering diresepkan oleh dokter. Masih banyak merk-merk antibiotic lainnya yang juga bisa diberikan dokter untuk mengatasi keluhan keputihan. Pemberian masing-masing obat tentu disesuaikan dengan jenis penyebab keputihan yang dialami pasien. Disamping itu, kondisi tubuh pasien sendiri juga akan menentukan jenis obat yang cocok, terutama jika pasien memiliki alergi untuk jenis obat tertentu.

Karena jenis-jenis obat diatas diberikan sesuai dengan resep dokter, tidak dianjurkan untuk menggunakannya tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan yang kompeten. Penjelasan yang diberikan disini, demikian juga dengan berbagai informasi ringkas yang bisa ditemukan di internet, lebih bersifat referensi umum. Bagaimanapun, analisa medis dan resep yang diberikan dokter Anda merupakan patokan utama. Dengan demikian, ketika Anda mengalami hal-hal yang tak terduga setelah pemakaian obat, Anda bisa merujuk kembali ke ahli medis yang telah memberikan resep.

Obat Keputihan Resep Dokter

obat keputihan resep dokter
Obat Keputihan Resep Dokter

Sebagai catatan tambahan, kelima merk obat keputihan diatas merupakan antibiotik yang tidak hanya diperuntukkan untuk mengatasi keputihan. Disamping itu, sebagai antibiotik, obat-obatan diatas seringkali diberikan bersama-sama dengan obat lainnya.

Bagaimana dengan obat keputihan herbal yang bukan resep dokter? Untuk jenis obat seperti ini, patokan pertama adalah pastikan resep tersebut diproduksi secara legal dan telah memiliki izin edar dari instansi berwenang. Kedua, ikuti petunjuk pemakaian seperti yang diberikan oleh produsen. Jangan menggunakan obat diluar peruntukannya.

Ambil contoh Crystal X obat keputihan. Karena Crystal X terbukti efektif untuk mengatasi keputihan, banyak konsumen yang coba-coba menggunakannya juga untuk mengobati keluhan lain seperti ambeien, jerawat dan sebagainya. Ini adalah penggunaan yang diluar peruntukan awal. Karena Crystal X diproduksi sebagai resep untuk perawatan organ kewanitaan. Menggunakannya diluar peruntukan itu jelas sangat tidak dianjurkan, dan konsumen tidak bisa meminta pertanggung jawaban kepada produsen seandainya penggunaan obat yang tidak pada tempatnya tersebut menimbulkan efek yang tidak diharapkan.

Ketiga, tindakan paling bijaksana adalah melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat apapun, termasuk obat herbal yang tidak diresepkan oleh dokter. Walaupun bukan bidang keahlian khusus mereka, dokter pasti memiliki pengetahuan dasar yang memadai tentang obat-obatan herbal. Dengan demikian, penggunaan obat tetap terkontrol dan konsumen tidak melakukan penyembuhan sendiri hanya dengan bekal coba-coba. Ini penting, karena apapun konsekuensi yang timbul setelah pemakaian obat, yang pertama sekali menerima manfaat ataupun resiko adalah konsumen sendiri. Sudah saatnya menjadi konsumen yang cerdas.

Satu pemikiran pada “5 Nama Obat Keputihan Resep Dokter Yang Ampuh

Tinggalkan komentar