Kursus Bahasa Arab Online Metode Mudah Dan Cepat Insha Alloh

Kursus bahasa arab online – Perkembangan teknologi dan informasi semakin berkembang dengan pesat, hal ini semakin memacu para dai untuk mengembangkan dakwahnya lewat kanal-kanal media online, seperti instagram, facebook dan Youtube. Dakwah-dakwah semacam ini ternyata memiliki pengaruh yang besar terhadap keasadaran beragama masyarakat Indonesia secara khusus, sehingga banyak diantara mereka yang telah mengakses media-media dakwah online tersebut memutuskan untuk hijrah.

Hijrah tidak hanya berbicara tentang perpindahan seseorang dari keburukan menuju kebaikan, tapi lebih dari itu, harus ada kesungguhan dalam berhijrah. Salah satu bentuk kesungguhan itu adalah giat belajar agama. Belajar agama Islam membuat seseorang harus berhadapan dengan dalil-dalil berbahasa arab. Timbul pertanyaan, apa gak boleh belajar Islam dengan menggunakan buku-buku terjemah?. Jawabannya tentu saja boleh, hanya saja afdhalnya belajar Islam itu ya menggunakan bahasa Arab.

Penting Gak Sih Belajar Bahasa Arab?

Alamat Kursus Bahasa Arab Online
Kursus Bahasa Arab online

Saya sering mendapati penerjemah keliru menerjemahkan makna-makna yang terkandung dalam bahasa arab. Kesalahan itu jelas berdampak pada pemahaman yang salah. Nah, kalau pemahaman terhadap agamanya salah kan berabe.

Masalah kedua yang muncul adalah dimana tempat belajar atau kursus bahasa arab yang recommended dan bersertifikat. Sebenarnya sudah banyak tempat-tempat atau lembaga-lembaga kursus bahasa Arab, baik di Yogyakarta, Jakarta, Bekasi, Bandung, Bogor, Depok dan tempat-tempat lainnya. Bahkan diantara tempat-tempat kursus tersebut ada yang bersifat free atau gratis. Tapi apakah hasil yang diharapkan sesuai ?, silahkan dijawab sendiri.

Kursus Bahasa Arab Online

Kursus Bahasa Arab online
Kursus Bahasa Arab online

Kami dari MAKTAB COURSE memiliki sebuah metode bahasa arab yang mudah dipahami dan mudah dipraktekkan untuk pemula bahkan  untuk anak anak sekalipun. Metode yang kami susun merupakan intisari dari materi-materi yang terdapat dalam kitab-kitab pokok bahasa arab seperti, al ajrumiyah (jurumiyah), Qatrunnada dan Syarh Alfiyah Ibn Malik. Tujuan dari metode yang kami susun ini adalah para thalibul ilmi mampu membaca buku, artikel dan tulisan-tulisan berbahasa arab dengan baik.

Para thalibul ilmi yang baru hijrah biasanya menghadapi kesulitan-kesulitan pada tahap awal belajar bahasa arab karena kurangnya kosakata yang dikuasai dan tidak memahami perubahan struktur kata atau shorf, ditambah lagi belajarnya dilakukan secara otodidak tanpa bimbingan guru. Beda halnya dengan thalibul ilmi yang mondok di pesantren atau sekolah islam yang berasrama, dimana program pelajaran-pelajaran agamanya menggunakan buku-buku berbahasa arab dan seharihari ber komunikasi dengan bahasa arab, sehingga mereka lebih cepat dalam memahami bahasa arab.

Tempat Kursus Bahasa Arab

Tempat Kursus Bahasa Arab Online
Kursus Bahasa Arab online

kami juga perlu menjelaskan di awal bahwa untuk yang belajar bahasa arab secara privat maupun kursus di Maktab Course perlu kesungguhan dalam belajar. Bahwa setiap thalibul ilmi punya kesempatan yang sama untuk bisa berbahasa arab. Motivasi belajarnyapun hendaknya dirubah, bukan sekedar ingin belajar, coba-coba, atau niat-niat yang remeh lainnya.

Motivasi belajar harus diluruskan bahwa belajar bahasa arab itu untuk menjaga kemurnian agama Islam, memahami al Quran dan as sunnah. Baiknya yang sudah pernah merasakan pondok pesantren ataupun yang baru hijrah sehingga harus memulai dari nol, akan merasakan manfaat yang sangat besar sekali ketika memahami materi-materi pembelajaran yang telah kami susun. Seakan-akan mereka mendapatkan sesuatu yang baru.

Metode belajar bahasa arab di maktab course tidak menggunakan metode menghafal akan tetapi menggunakan pemahaman, sehingga thalibul ilmi tidak merasa terbebani dengan program belajar yang tengah berlangsung. Metode itu sudah kami rancang menyesuaikan materi pelajarannya dan tutorial ataupun panduannya kami siapkan dalam bentuk pdf atau ebook.

  • Level Belajar di Maktab Course

Kami segenap pengurus telah membagi jenjang level di maktab course menjadi 5 level.

  1. Level Pertama

Pada level ini para thalibul ilmi diharuskan menguasai materi perubahan-perubahan kata dalam bahasa arab sehingga mampu membedakan isim, fi’il dan huruf.

  1. Level Kedua

Pada level ini para thalibul ini akan mendapatkan materi jumlah fi’liyah dan perubahan-perubahan kedudukan atau hukum kata kerja bersebab awamil atau nawasikh yang masuk kedalamnya.

  1. Level Ketiga

Pada level ini para thalibul ilmi akan belajar tentang jumlah dan hal-hal yang merubah kedudukan atau hukum isimnya.

  1. Level Keempat

Pada level ini para thalibul ilmi difokuskan untuk membaca dan memahami teks-teks arab dan menjelaskan sesuai dengan materi yang telah diajarkan.

  1. Level Kelima

Pada level ini para thalbul ilmi akan praktek conversation, sehingga mereka tidak hanya bisa baca kitab berbahasa arab tetapi juga bisa berbicara menggunakan bahasa arab.

Setiap level belajar di maktab course memakan waktu 10-20 kali pertemuan.

Waktu Belajar Bahasa Arab

Kursus Bahasa Arab Online pemula
Kursus Bahasa Arab online

Maktab course baru berdiri di Yogyakarta, sehingga belajar secara offlinenya hanya untuk warga Yogyakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk luar Yogyakarta kami sedang mempersiapkan materi kursus Online.

Waktu belajar untuk program kursus setiap pagi, siang dan sore dan dihari jumat, sabtu dan minggu.  Sedangkan untuk yang mengambil program privat menyesuaikan dengan jadwal ustadz dan thalibnya, sesuai dengan waktu yang disepakati.

Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Belajar Kursus Bahasa Arab Online
Kursus Bahasa Arab online

Belajar bahasa arab merupakan bahasa yang paling lengkap ilmu-ilmu kebahasaannya, dari strukturnya, maknanya, kefashihannya, keindahannya dan kelengkapan kosakatanya. Sehingga salah satu hikmah diturunkannya al Quran dalam bahasa arab karena kata kata dalam bahasa arab mampu ditempatkan dalam susunan-susunan ayat al Quran sesuai dengan kehendak Allah Ta’ala dan maknanya mampu dipahami dengan baik oleh hambanya.

Al Quran juga berfungsi sebagai penjaga kefashihan dan keotentikan bahasa arab. Banyak dari penjajahan-penjajahan dunia barat ke wilayah-wilayah Islam yang membawa misi untuk merusak bahasa arab. Sebagaimana yang kita saksikan di beberapa wilayah timur tengah, seperti Mesir, Maroko, Libya dan al Jazair. Akan tetapi usaha keras mereka untuk melakukan pengrusakan bahasa itu tidaklah memuaskan. Karena setiap muslim yang hendak memahami al Quran dengan baik maka ia harus belajar bahasa arab dengan baik pula. Sehingga al Quran turut andil besar dalam menjaga keotentikan bahasa Arab.

Yukk Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab Online
Kursus Bahasa Arab online

Oleh karena itu, generasi muda Islam hendaknya bersemangat dalam belajar bahasa Arab. Bayangkan apabila setiap negara Islam atau negara yang didalamnya mayoritas umat Islam mampu berbahasa Arab dengan baik, tidakkan hubungan antar negara itupun akan semakin baik. Tujuan besar dari hubungan itu adalah munculnya peradaban Islam jilid kedua.

Peradaban besar Islam itu akan muncul jika umat Islam seluruh dunia terhubung satu sama lain, melepaskan semua fanatisme-fanatisme golongan dan mazhab. Dan kunci dari hubungan itu adalah bahasa arab. Tanpa memiliki kemampuan bahasa yang baik bagaimana mungkin hubungan itu akan tercipta, ketika hubungan tidak tercipta bagaimana mungkin peradaban akan tercipta.

Saya melihat peradaban Islam jilid kedua itu semakin dekat, sebab ghirah Islam diberbagai negara terlihat dengan jelas, sebagaimana itu terjadi di Indonesia, Turki dan beberapa negara lainnya. Maka kita sebagai umat Islam zaman now hendaknya mempersiapkan alat-alat untuk menyambut kedatangan peradaban Islam jilid kedua ini dengan kesungguhan belajar dan mengamalkan ajaran agama.

Tinggalkan komentar