motif batik gambar dan penjelasannya

Berikut Ini Jenis batik dan Gambarnya Lengkap dengan Cara Pembuatannya

Jenis batik dan gambarnya – Kita semua sudah tahu bahwa Batik adalah sebuah hasil karya seni lukis yang diwarisi oleh nenek moyang kita pada zaman kerajaan Majapahit dahulu. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas jenis – jenis batik, motif batik tradisional dan asalnya. Tapi sebelumnya, kita akan mengenal sedikit tentang kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit sendiri sebenarnya sangatlah luas, bahkan hampir mencapai seluruh kawasan Asia Tenggara meliputi Indonesia, Brunei, Singapura, Malaysia, bahkan hingga Thailand. Karenanya sering ditemukan kemiripan antara Indonesia dengan negara – negara di atas seperti pada bangunannya, warna kulit penduduknya, bahasanya, dan juga termasuk seni lukis Batik.

macam batik dan gambarnya
Jenis batik dan gambarnya

 

motif batik gambar dan maknanya
Jenis batik dan gambarnya

 

motif batik gambar dan penjelasannya
Jenis batik dan gambarnya

Kawasan kerajaan Majapahit ini disebut dengan Nusantara, dan dikarenakan memiliki pusat pemerintahan di Trowulan, Mojokerto, maka sebutan Nusantara ini lebih identik dengan Indonesia. Dan dengan itu pula seni batik lebih dikenal sebagai seni kerajinan yang berasal dari Indonesia. Bahkan sudah di tetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang dimiliki dan berasal dari Indonesia.

Sejarah Singkat Batik

motif batik nusantara yang mudah digambar
Jenis batik dan gambarnya

Kata Batik itu sendiri berasal dari Bahasa Jawa dengan menggabungkan kata “Amba” berarti menulis sedangkan “titik” yang maknanya adalah titik. Dan setelah dibagungkan, secara kata batik memiliki makna “menulis titik – titik”. Karena pada dasarnya Batik memang adalah sebuah seni menulis atau melukis diatas kain bahan dasar pakaian sebagai medianya dengan menggunakan canting sebagai pena dan lilin malam sebagai tinta pena nya. Nah apa itu canting.? Canting adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengambil carian “tinta” hasil dari lilin malam yang direbus untuk melukis batik.

motif batik yang mudah digambar
Jenis batik dan gambarnya

 

motif batik dan asalnya
Jenis batik dan gambarnya

Menurut sejarah, penggunaan lilin sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh bangsa Mesir sejak tahun 3000 SM.  Setelah bangsa Mesir, kemudian penggunaan lilin menyebar hingga ke negeri Cina dan kemudian sampai juga di Nusantara termasuk Indonesia. Nah dalam pembuatan batik,dengan menggunakan canting, lilin malam ini “dituliskan” ke atas bahan kain untuk menutupi bagian – bagian yang tidak atau belum diberi warna. Setelah selesai, kain akan direbus dengan suhu tertentu untuk menghilangkan lilin malamnya.

Jenis – Jenis Batik dan Gambarnya

jenis motif batik
Jenis batik dan gambarnya

Jika kita membicarakan jenis – jenis batik, kita bisa membaginya kedalam 2 sudut pandang. Yang pertama dari sudut pandang cara pembuatannya dan yang kedua dari sudut pandang daerah asal berkembangnya batik tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang beragam jenis batik mari kita pelajari secara detail artikel yang akan membahas lengkap mengenai batik ini.

Jenis – Jenis Batik Berdasarkan Cara Pembuatannya

motif batik dan gambarnya

Dari segi cara pembuatannya, awalnya hanya ada 2 jenis batik yaitu batik cap dan batik tulis. Sesuai dengan pengertian batik yang sudah kita sebutkan di atas, kedua jenis batik ini menggunakan kaidah pembuatan batik dalam prosesnya yaitu menggunakan lilin malam dan canting. Untuk batik tulis menggunakan canting yang berbentuk seperti pena, sedangkan batik cap menggunakan canting cap yang terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai dengan motif yang diinginkan.

Namun dengan berkembangnya zaman dan teknologi, ada 2 jenis batik lagi yaitu batik sablon dan batik printing. Batik sablon tetap menggunakan lilin malam sebagai “tinta” untuk menutupi bagian – bagian yang tidak dan atau belum diberi warna, tetapi menggunakan cetakan sablon sebagai cantingnya. Sedangkan batik printing tidak menggunakan malam dan canting sama sekali, karena pada dasarnya batik printing sama dengan proses pembuatan kain seperti biasanya yaitu menggunakan mesin untuk mencetak motif – motif batik ke atas kain.

macam-macam nama motif batik

Bagi kalangan pemerhati batik, batik printing ini bukanlah termasuk kedalam batik karena pada proses pembuatannya tidak melalui proses “batik” yaitu “menulis titik – titik, dan tidak menggunakan canting dan malam. Namun bagi masyarakat awam batik printing ini tetaplah sebuah batik karena memang dicetak dengan motif yang biasanya dipakai dalam pembuatan batik. Selain itu harganya juga bisa lebih murah daripada jenis batik yang lain karena memang pembuatannya yang dalam skala besar dan menggunakan mesin sehingga biaya produksi dapat ditekan.

Pengertian Batik Tulis

macam macam batik dan penjelasannya

Apa itu batik tulis.? Batik tulis dikenal sebagai jenis batik yang eksklusif dan harganya yang bisa sangat mahal. Alasannya adalah batik tulis merupakan batik tradisional khas Indonesia yang memiliki ketelitian motif yang sangat detail dan karena ketelitiannya ini pembuatan sebuah kain batik tulis dapat memakan waktu yang cukup lama bahkan sampai berbulan – bulan. Semakin lama dan semakin detail sebuah kain batik maka harganya akan semakin mahal. Proses pembuatannya sangat rumit dan tidak semua pengrajin batik dapat memiliki kemampuan untuk membuat batik tulis. Selain mempunyai kemampuan dan selera seni yang tinggi, seorang pengrajin sebuah kain batik tulis juga harus memiliki tingkat kesabaran dan ketelitian yang tinggi.

motif batik nusantara

Dalam sebuah karya kain batik tulis dapat ditemukan titik-titik yang ada dalam posisi yang tidak seharusnya, atau garis – garis melengkung yang seharusnya lurus atau sebaliknya. Kesalahan – kesalahan ini adalah sebuah kekurangan yang sebenarnya merupakan kelebihan dari sebuah kain batik tulis. Titik – titik dan garis – garis yang tidak seharusnya itu tercipta dari gerakan spontan atau improvisasi dari tangan sang pengrajin. Hal inilah yang menjadi pembeda kain batik tulis dengan jenis batik lainnya

Pengertian Batik Cap

nama motif batik dan asal daerahnya

Apa itu batik cap.? Berbeda dengan batik tulis, batik cap ini pembuatannya lebih mudah karena tidak mengharuskan pengrajin untuk “menulis” motif di atas kain. Batik cap menggunakan canting yang terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai motif yang diinginkan. Canting yang dimaksud memiliki sistem kerja yang hampir mirip dengan stempel pada cap yang biasa digunakan untuk stempel kertas.

Sebuah canting cap rata – rata memiliki ukuran 20 cm X 20 cm. Cara penggunaannya adalah permukaan canting cap dicelupkan ke cairan lilin malam yang sudah direbus kemudian di cap kan ke atas kain. Motif yang dipakai untuk batik cap biasanya simetris dan terkesan lebih kaku namun tetap indah dipandang.

Jenis – Jenis Batik Berdasarkan Daerah Asal Penyebarannya

motif batik dan gambar
motif batik jogja

Seperti kita ketahui bahwa seni batik ini tersebar ke seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Meski memiliki cara pembuatan yang berbeda namun dapat memberikan warna dan variasi tersendiri bagi kerajinan batik Nusantara. Perbedaan jenis – jenis batik berdasarkan daerah asalnya ini biasanya dapat dilihat dari motif – motifnya.

jenis batik dan gambarnya
motif batik solo

 

ciri-khas-motif-batik-pekalongan
motif batik pekalongan

Beberapa daerah yang identik dengan kerajinan batiknya adalah Pekalongan, Jogja, dan Solo. Bagi yang ingin mencari batik dalam skala yang besar biasanya mereka akan lebih memilih ke Pekalongan, sedangkan untuk keperluan kulakan biasanya ke Pasar Klewer di Solo, dan di Kota Wisata Jogja biasanya para wisatawan menjadikan batik sebagai oleh – oleh untuk kerabat atau teman – temannya ketika kembali ke daerah asalnya.

Selain jenis – jenis batik di atas, jenis batik juga dapat dibedakan berdasarkan variasi warna, motif, dan nilai – nilai yang terkandung di dalam motif tersebut. 2 Jenis batik tersebut adalah Batik Pedalaman dan Batik Pesisiran.

Batik Pedalaman biasa juga disebut Batik Keraton karena pada awalnya gaya batik ini diciptakan dan digunakan pada wilayah yang dipengaruhi budaya Keraton Mataraman seperti Yogyakarta dan Solo. Yang menjadi ciri dari jenis batik ini adalah penggunaan motif – motif geometris dan kombinasi warna coklat sogan dan biru.

macam macam batik nusantara dan keterangannya
Motif Batik Pedalaman

Sedangkan untuk Batik Pesisiran biasanya dipakai dan diproduksi di sepanjang pesisir pantai utara pulau Jawa mulai dari Cirebon, Pekalongan, Lasem hingga Madura. Motif yang biasa dipakai batik pesisiran ini umumnya tidak geometris meskipun terdapat beberapa motif yang geometris tapi tidaklah banyak, contohnya motif Jlamprang yang terinspirasi dari tenun patola India.

Model-Kain-Batik-Pekalongan-Motif-Liong
Motif Batik Pesisiran

Berbeda dengan jenis batik Pedalaman yang memiliki makna sosial –  filosofis pada motifnya dan juga pakem dalam pemakaian dan pembuatannya, batik Pedalaman biasanya lebih longgar dan dapat dipakai oleh siapapun tanpa adanya batasan sosial dan budaya. Demikianlah jenis – jenis batik dan gambarnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare yaa.

Terakhir untuk mengakhiri artikel ini apabila anda membutuhkan tempat grosir seragam batik sekolah anda bisa mencari informasinya di website ini dan langsung menghubungi kontak yang tersedia. Semoga anda besera keluarga anda sehat selalu. Aamiin

Tinggalkan komentar